Milenial, Awas Keburu Tua Tapi Belum Kaya di 2045!

Menteri PPN / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam Musrenbangnas RKP 2024 dan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050. (Tangkapan Layar Youtube Bappenas RI)

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Pusat Perencanaan Nasional Suharso Monoarfa ingatkan pasangan muda agar dapat mempersiapkan diri secara sosial dan ekonomi dalam bentuk jaminan pensiun. Hal ini untuk kesejahteraan di masa tua.

“Kita jangan sampai keburu tua semua, tapi keburu tua belum kaya, dalam arti tidak dalam posisi yang mampu untuk membiayai https://188.116.26.234/ hidupnya di hari tua,” kata Suharso kepada awak media, Selasa (16/5/2023).

Dia¬†juga mengingatkan bahwa kaum milenial akan berusia sekitar 50-60 tahun pada 2045. Oleh karena itu, milenial¬†diharapkan membina keluarga dan memiliki anak yang berkualitas untuk kemajuan bangsa kelak. “Generasi milenial dan Gen Z diharapkan menjaga keseimbangan penduduk dan menghasilkan anak yang berkualitas,” ungkapnya.

Pasalnya, Suharso menyebut pertumbuhan penduduk di Indonesia belum berimbang. Tingkat kesejahteraan dan tingkat harapan hidup semakin tinggi, namun pertambahan penduduknya melambat.

“Kita makin sejahtera, tingkat harapan hidup makin tinggi, tapi pertambahan penduduknya melambat. Jadi akibatnya kita banyak orang tua seperti yg Pak Wapres sampaikan tadi, kita ingin TFR kita dijaga di angka 2 supaya setiap satu pasang melahirkan dua,” jelasnya.

Pemerintah juga diharapkan turut andil dalam pembuatan kebijakan keluarga berencana era baru untuk mewujudkan pertumbuhan yang seimbang. “Untuk mewujudkan pertumbuhan yang seimbang pemerintah perlu menyusun
kebijakan keluarga berencana era baru. Kebijakan tersebut perlu memastikan bahwa pasangan muda siap dalam membangun keluarga,” sebut Suharso.

Pemerintah diminta dapat mengembangkan care-economy untuk keseimbangan kerja perempuan dan laki-laki dengan tetap menerapkan sistem pengasuhan anak yang baik. Selain itu, perlu juga memperkuat strategi komunikasi, informasi dan edukasi KB sesuai kondisi wilayah dan kelompok sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*