Klasemen Liga Italia: Inter Melesat Tinggalkan Juventus

Klasemen Liga Italia: Inter Melesat Tinggalkan Juventus

MILAN, ITALY - FEBRUARY 28: Matteo Darmian of FC Internazionale celebrates with his teammates after scoring opening goal during the Serie A TIM match between FC Internazionale and Atalanta BC - Serie A TIM at Stadio Giuseppe Meazza on February 28, 2024 in Milan, Italy. (Photo by Giuseppe Bellini/Getty Images)

Jakarta – Inter Milan semakin nyaman di puncak klasemen sementara Serie A musim ini dan kian sulit dikejar. Tim asuhan Simone Inzaghi berpeluang mengunci gelar juara pada April mendatang.
Lautaro Martinez dkk baru saja mengalahkan Atalanta 4-0 di kandang sendiri, Kamis (29/2/2024) dinihari WIB. Laga ini harusnya digelar Januari lalu, namun digeser karena Inter harus bertanding di Piala Super Italia.

Keempat gol Inter dibagi rata oleh Matteo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi. Tambahan tiga poin membuat mereka kini telah mengumpulkan 69 poin hingga pekan ke-26.

Di bawah Inter ada Juventus yang baru mengumpulkan 57 poin. AC Milan berada di urutan ketiga dengan 53 poin. Dengan situasi sekarang ini, Inter tampak mustahil bisa disalip. Apalagi mereka sudah meraih delapan kemenangan beruntun di Serie A selama 2024.

Jika tren itu terus berlanjut, maka Inter berpotensi mengunci scudetto ke-20 mereka saat menjamu Torino di pekan ke-34 pada 28 April mendatang. Gelar juara bisa lebih cepat didapat jika Juventus terpeleset di pekan-pekan mendatang.

Sementara itu, posisi empat masih dipegang Bologna yang tampil gemilang musim ini di bawah arahan Thiago Motta. Rossoblu telah mengemas 48 poin, unggul dua angka dari Atalanta yang berada di posisi lima

Selanjutnya ada AS Roma yang terus membaik sejak dilatih Daniele De Rossi. Lima kemenangan dari enam laga terakhir membuat mereka kini telah mengoleksi 44 poin dan ikut bersaing memburu tiket ke Liga Champions musim depan.

Fiorentina berada di urutan tujuh dengan 41 poin, disusul Lazio dan Napoli yang mengoleksi 40 poin. Ketiganya juga masih berpeluang lolos ke Eropa musim depan, baik itu ke Liga Europa atau Conference League. Liga Champions sebetulnya masih realistis, namun lebih sulit.

Dewa United Vs RANS: Eduardo Almeida Isyaratkan Rombak Tim

Dewa United Vs RANS: Eduardo Almeida Isyaratkan Rombak Tim

Pelatih RANS Nusantara Eduardo Almeida

Jakarta – Pelatih RANS Nusantara Eduardo Almeida mengisyaratkan akan merombak susunan tim saat dijamu Dewa United. Formula terbaik dicari demi mengembalikan performa tim.
RANS dijadwalkan dijamu Dewa United pada pekan ke-26 Liga 1 2023/24 di Indomilk Arena, Tangerang, Selasa (26/2/2024). The Phoenix menatap laga ini dengan modal yang kurang baik setelah gagal menang dalam sembilan laga terakhirnya.

Hasil negatif dalam sembilan laga tersebut menyeret RANS ke posisi ke-9 klasemen sementara dengan 33 poin. Padahal RANS sempat tampil mengejutkan dengan menyodok ke empat besar di putaran pertama.

Kemerosotan tim pun direspons Almeida yang akan coba-coba merombak susunan timnya kalah dijamu Dewa United. Eks Pelatih Arema FC itu ingin menemukan formula terbaik demi mengembalikan performa oke timnya di putaran pertama.

“Pada laga kemarin yang tidak bermain dari awal (RANS Vs Arema) akan mulai bermain dari awal (Dewa Vs RANS). Kami menuju pertandingan ini bukan hanya soal hasil, tetapi soal strategi,” kata Almeida saat memberikan keterangan.

“Kami mengganti beberapa pemain untuk menyesuaikan supaya bisa menjadi lebih kuat pada laga besok dan juga kami mengganti pemain karena kiper Hilman Syah mendapat kartu merah,” ujarnya menambahkan.

“Kiko (Francisco Pereira Carneiro) juga mendapat kartu merah, dan Mitsuru Maruoka mendapat akumulasi kartu kuning. Jadi kami harus dan tentunya mengubah susunan pemain, dan ini bukan karena soal hasil, tetapi untuk fokus pada laga besok sesuai dengan pemain yang bisa dimainkan,” katanya lagi.

Mengenai kualitas lawan, Almeida menyoroti hasrat lawan yang ingin berkembang menjadi tim bagus. Dewa United berstatus pendatang baru seperti RANS di era Liga 1, tapi terus berinovasi untuk berkembang ke arah yang lebih baik.

Dewa United merupakan salah satu dari sedikit klub Liga 1 yang berinvestasi dengan membangun sarana latihan memadai. Hal ini sedikit berbeda dengan RANS yang sudah tak jor-joran lagi seperti di awal kemunculannya.

“Kami tahu bahwa tentunya mereka melakukan investasi yang besar untuk menjadi yang terbaik dan saya kira itu target yang disesuaikan oleh tim dan sedikit berbeda dengan kami. Tapi tentu saja di lapangan, kami selalu mencoba menampilkan segalanya untuk menghasilkan poin maksimal,” tutur Almeida.

“Saya rasa kualitas Dewa United masih bagus, sehingga kami tahu besok menjadi laga berat dan juga karena mereka hanya menang dalam satu laga. Mereka bermain di home dan mereka mengharapkan yang sama seperti kami, sehingga saya berharap kedua tim menampilkan pertandingan terbaik dan saya harap jatuh pada RANS FC, tentu saja,” ucap pelatih asal Portugal itu.

Pemain lini serang RANS Kushedya Hari Yudo menegaskan tak ada suasana negatif di timnya lantaran sudah jarang menang. Motivasi pemain tetap sama seperti sebelum-sebelumnya.

“Kondisi teman-teman semakin termotivasi buat semangat teman-teman semuanya. Buat pertandingan berikutnya, kami mau fight dan Insyaallah kita akan berjuang mati-matian demi tiga poin,” ucap Kushedya.

“Kami dari pemain sudah siap dan kami akan berjuang mati-matian mendapatkan poin di pertandingan besok melawan Dewa United Semoga kita mendapat tiga poin supaya kita bisa senang, karena dalam sembilan pertandingan sebelumnya kita tidak mendapat tiga poin,” ucap pemain berlabel Timnas Indonesia itu.

Chelsea Vs Liverpool Lanjut ke Extra Time

Chelsea Vs Liverpool Lanjut ke Extra Time

Chelseas Malo Gusto, left, challenges for the ball with Liverpools Luis Diaz during the English League Cup final soccer match between Chelsea and Liverpool at Wembley Stadium in London, Sunday, Feb. 25, 2024. (AP Photo/Alastair Grant)

London – Skor 0-0 bertahan sampai 90 menit usai di laga Chelsea vs Liverpool dalam final Carabao Cup di Wembley, Minggu (25/2). Laga dilanjutkan ke babak tambahan.
Jalannya Pertandingan

Liverpool mengambil inisiatif selepas sepak mula. Peluang baru hadir pada menit kesembilan, saat umpan silang Andy Robertson mengarah ke Luis Diaz. Sundulan Diaz lemah saja dan mudah ditahan Djordje Petrovic.

Chelsea mengancam lewat sepakan Malo Gusto dari depan kotak penalti pada menit ke-13. Bisa ditahan oleh Caoimhin Kelleher.

Liverpool merepons. Sepakan Alexis Mac Allister ditahan saja oleh Petrovic, lalu peluang Diaz menyambut kesalahan Axel Disasi masih bisa dihalau.

Nyaris! Chelsea membuang peluang bagus pada menit ke-21. Umpan silang Conor Gallagher gagal diselesaikan Raheem Sterling, tapi bola lepas ke Cole Palmer yang berdiri bebas. Sepakan Palmer dihalau dengan gemilang oleh Caoimhin Kelleher!

Chelsea sempat mencetak gol pada menit ke-33. Nicolas Jackson menusuk di kanan dan mengirim umpan silang yang diselesaikan Sterling. Tapi gol itu dibatalkan karena Jackson offside.

Hampir Liverpool memimpin pada menit ke-40. Sundulan Gakpo menyambut umpan Robertson cuma menghantam tiang gawang!

Peluang lain dari Liverpool pada menit ke-44. Sodoran Diaz dari kiri disambar Conor Bradley, namun masih terhalang oleh Levi Colwill. Babak pertama berakhir tanpa gol.
Tembakan Palmer pada menit ke-56 melenceng ke kanan gawang. Balasan Liverpool via tembakan voli Harvey Elliott pada menit ke-58 masih bisa ditepis Petrovic.

Liverpool sempat mencetak gol pada menit ke-60, saat sundulan Van Dijk berakhir di dalam gawang. Tapi wasit menganulirnya usai mengecek layar VAR, menilai Wataru Endo offside saat mengadang pemain Chelsea yang berpotensi mengadang Van Dijk.

Ancaman lain dari Liverpool buat Chelsea pada menit ke-70. Kali ini sepakan Gakpo meneruskan umpan Diaz masih melambung.

Chelsea nyaris memimpin pada menit ke-76. Sontekan Gallagher memanfaatkan umpan Palmer menghantam tiang gawang dan kembali ke area permainan!

Gallagher membuang peluang lain pada menit ke-86. Dalam posisi bebas menerima umpan Palmer, tembakannya tepat ke arah Kelleher yang bergerak maju.

Peluang beruntun dari Chelsea pada menit ke-93. Sepakan pertama Nkunku diblok, lalu tembakan Palmer ditahan Kelleher, upaya kedua dari Nkunku juga berakhir di tangan kiper. Waktu normal selesai tanpa ada pemenang.

Susunan pemain:

Chelsea: Petrovic, Chilwell, Colwill, Disasi, Gusto, Caicedo, Fernandez, Palmer, Gallagher, Sterling (Nkunku 67′), Jackson (Mudryk 90′)

Liverpool: Kelleher, Robertson (Tsimikas 87′), Konate, Van Dijk, Bradley (Clark 72′), Mac Allister (McConnell 87′), Endo, Gravenberch (Gomez 28′), Elliott, Gakpo (Danns 87′), Diaz

Dihujat Kena Azab Usai Wajah Ruam dan Melepuh, Kartika Putri Beri Jawaban Menohok

Dihujat kena azab setelah wajahnya ruam dan melepuh, Kartika Putri beri jawaban menohok.

Artis Kartika Putri berekasi santai dengan hujatan netizen terkait sakit yang dideritanya.

Adapun Kartika Putri sebenarnya sudah sempat mengungkap penyebab wajah, mulut dan lidahnya melepuh.

Diakui Kartika Putri, ia mengalami alergi obat penghilang rasa sakit karena kondisinya kurang fit.

Akibatnya, bagian wajah dan mulut mengalami luka serta melepuh.

“Aku sudah kurang lebih 5 tahun didiagnosa autoimun. Alhamdulillah aku juga sudah ikhtiar dengan 2x stemcell. Syukurnya baik-baik aja. Qadarullah minggu lalu aku minum pain killer untuk treatment sepertinya aku imunnya lagi gak ok, jadinya alergi sm obat pain killernya,” terang Kartika Putri alias Karput.

“Alhasil muka aku dan mulut aku ruam dan melepuh… dan akhirnya aku memeriksa darah dll juga bahkan ikhtiar dengan obat dll dijkt tp qadarullah tidak perbaikan makanya aku putusin tuk ke Singapore.”

Tak lupa, Kartika Putri mengingatkan netter agar tak terus berprasangka buruk.

“Aku bukan manusia yang sempurna tp tolong jangan cuma karena aku kalian dapet dosa dan kalian kotorin hati dan fikiran kalian. Aku sayang kalian semua. Semoga selalu sehat ya kalian,” ujar Kartika Putri.

Tak tanggung-tanggung, wanita berusia 33 tahun ini juga mengungkapkan kekecewaannya dalam Instagram stroy-nya, @kartikaputriwolrd.

Ibu dua anak ini tak menyangka masih banyak orang yang menyuarakan kebencian di tengah penyakit yang saat ini dideritanya.

“Ternyata masih banyak orang yang suka tebakan dan tahayul

Bahkan bisa-bisanya berkata dan berdoa buruk ketika ada orang sedang diuji dengan penyakit kaya aku,” ujar Kartika Putri, dikutip TribunJatim.com.,Sabtu (24/2/2024)

Secara terang-terangan, Kartika Putri pun mengakui dirinya juga tak mau mengalami sakit seperti ini.

“Siapa sih yang mau sakit,” Kartika Putri heran.

Wanita yang sempat berseteru dengan Dokter Richard Lee ini pun menilai publik tak mempunya hati nurani.

Buntut dari hujatan tersebut, Kartika Putri pun merasa sangat sedih.

“Seperti gapunya hati nurani banget. Jujur sedih liat orang sejahat itu,” imbuhnya.

Enggan berlarut-larut dalam kesedihan, Kartika Putri pun menghimbau masyarakat untuk menjaga hati dan lisannya.

Semoga Allah tetap menjaga hati kita semua yaa tuk tidak menjadi orang dzolim

Ingat doanya baik kembali baik, begitu pun sebaliknya,” lanjutnya.

Tak hanya itu, wanita asal palembang ini juga mengingatkan para pengikutnya di media sosial untuk selalu mempunya hati yang baik.

“Belajar tetap selalu punya hati dan fikiran yang baik ya semua followerku biar kita berkah,” tandasnya.

Sebelumnya, netter sempat teringat kondisi Kartika Putri itu dengan rumor tentang azab dan penyakit ain.

Netter pun mengingatkan Kartika Putri untuk lebih menjaga lisannya agar tak kembali mengalami hal serupa.

“Pentingnya menjaga lisan agar tak menyakiti orang lain,” saran netter.

“Jangan sampai penyakit ain ini… Soalnya penyakit ini karna sahabat terdekat mu yg iri hati.. Di suruh jujur ​​malu dan gk bisa jujur,” tutur netter.

Sementara itu, Kartika Putri selama ini dikenal sebagai artis yang punya aura positif.

Ia membocorkan tipsnya saat menghadapi ujian Allah.

“Kalau aku mikir hidup itu pasti diuji. Setiap manusia ada ujiannya masing-masing, bagaimana cara manusia menghadapi ujian itu, mau dibikin stres atau apa,” katanya.

“Alhamdulillah aku selalu on track, tidak melanggar agamaku, tidak melanggar hukum.”

Kartika Putri Bagikan Edukasi Soal Penyakit di Wajahnya

Aktris sekaligus presenter Kartika Putri atau biasa disapa Karput beberapa waktu belakangan ini santer jadi sorotan publik.

Hal itu tak lain usai Kartika Putri mengirimkan kondisi dirinya yang saat ini sedang tak baik-baik saja.

Tak disangka-sangka, kulit mulus wajah Kartika Putri melepuh begitu pula di bagian lidahnya.

Hal ini sempat Kartika Putri bagikan di sosial media pribadinya belum lama ini.

Sayangnya, Kartika Putri malah mendapatkan banyak nyinyiran.

Netizen menduga seraya kaitkan bahwa penyakit yang dialami Kartika Putri merupakan azab.

Pasalnya saat itu Kartika Putri belum memberikan penjelasan langsung terkait penyakit yang dideritanya.

Namun kini, ia akhirnya membagikan postingan edukasi seorang dokter terkait dengan penyakit yang ia alami.

Dalam postingan yang dibagikan ulang oleh Kartika Putri menyatakan tentang penyakit auto imun yang menyerang kulitnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kartika Putri kembali memberikan sentilan ke netizen untuk tak mudah menghakiminya.

“Keren banget edukasinya doookkkk @dokterkulitkucom. Suka sama edukasinya yang cerdas. Netizen yang pake ilmu kedokteran yuk jangan pakai ilmu gaib. Jangan jadikan penyakit orang lain tuk bercandaan, bahan bullian apalagi pansos. Dosa tahu,” tulis Kartika Putri.

Rasmus Hojlund Cedera, Absen Bela MU 2-3 Pekan

Rasmus Hojlund Cedera, Absen Bela MU 2-3 Pekan

Soccer Football - Premier League - Luton Town v Manchester United - Kenilworth Road, Luton, Britain - February 18, 2024 Manchester Uniteds Rasmus Hojlund celebrates scoring their second goal Action Images via Reuters/Peter Cziborra NO USE WITH UNAUTHORIZED AUDIO, VIDEO, DATA, FIXTURE LISTS, CLUB/LEAGUE LOGOS OR LIVE SERVICES. ONLINE IN-MATCH USE LIMITED TO 45 IMAGES, NO VIDEO EMULATION. NO USE IN BETTING, GAMES OR SINGLE CLUB/LEAGUE/PLAYER PUBLICATIONS.

Manchester – Sedang panas-panasnya, Rasmus Hojlund malah cedera dan harus absen membela Manchester United 2-3 pekan. Manajer MU Erik ten Hag mengungkap sebab cedera itu.
Hojlund sebenarnya sedang membara. Ia sudah selalu mencetak gol di enam penampilan terakhirnya di Premier League, mendulang total tujuh gol.

Gol-gol itu pula yang membantu mengangkat performa Manchester United. Mereka tak pernah kalah pada enam penampilan terakhir Hojlund tersebut, memetik lima kemenangan dan sekali imbang.

Alhasil ‘Setan Merah’ kini mulai mendekat ke empat besar Liga Inggris. Pasukan Erik ten Hag berada di posisi enam dengan jarak lima poin dari Aston Villa di urutan empat.

Maka sial betul MU mendapati penyerang 21 tahun itu cedera otot. Ten Hag mengonfirmasi anak buahnya tersebut perlu menepi 2-3 pekan ke depan dan menyebut cedera itu akibat latihan.

“Itu cedera kecil kok, dua atau tiga minggu untuk pulih. Itu adalah risiko dari latihan dengan intensitas tinggi,” ujarnya dikutip BBC.

“Ini bukan cedera besar, tapi ya dia harus menunggu 2-3 pekan,” imbuh Ten Hag.

Hojlund kemungkinan besar masih akan absen pada derby lawan Manchester City di Etihad, 3 Maret mendatang. Sebelum laga itu, MU akan menghadapi Fulham di Liga Inggris dan Nottingham Forest di Piala FA.

Caleg PPP Bangkalan Ngamuk di Kantor Kecamatan Gegara Kesal Suara Berkurang

Caleg PPP Sampang ngamuk di Kantor Kecamatan.

Jakarta – Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sonhaji, mengamuk di Kantor Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Dia mengamuk karena merasa perolehan suara miliknya turun drastis dari perolehan awal.
Dilansir detikJatim, Sabtu (24/2/2024), Sonhaji mengamuk di hadapan para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Aksinya itu terekam video sejumlah pendukungnya yang turut mendatangi kantor kecamatan yang juga menjadi sekretariat PPK Kwanyar.

Pria yang masih aktif sebagai anggota Komisi D DPRD Bangkalan ini datang bersama puluhan pendukungnya kemudian melakukan aksi di depan kantor kecamatan. Tidak lama kemudian mereka bertemu dengan 5 anggota PPK Kwanyar.

“Saya ingatkan jangan sekali-kali mengubah perolehan suara DPRD Bangkalan, karena kalian akan berhadapan dengan saya dan nyawa taruhannya,” kata Sonhaji, Jumat (23/2).

Sonhaji yang duduk berhadapan dengan 5 anggota PPK itu sempat emosi dan menggebrak meja. Dia kesal karena suaranya turun drastis dari perolehan awal. Ia meminta agar tidak ada penggeseran suara terutama yang berkaitan dengan perolehannya.

“Jangan pernah menggeser suara Sonhaji,” imbuhnya.

Simak selengkapnya di sini.

(fas/fas)

Sergio Ramos Pulang ke Bernabeu: Dulu Pahlawan, Kini Lawan

Sergio Ramos Pulang ke Bernabeu: Dulu Pahlawan, Kini Lawan

Soccer Football - Champions League - Group B - RC Lens v Sevilla - Stade Bollaert-Delelis, Lens, France - December 12, 2023 Sevillas Sergio Ramos applauds fans after the match REUTERS/Pascal Rossignol

Madrid – Laga Real Madrid vs Sevilla di Santiago Bernabeu akan terasa spesial buat Sergio Ramos. Mantan kapten Los Blancos itu kini datang sebagai lawan.
Madrid vs Sevilla akan digelar di markas Madrid, Senin (26/2) dini hari WIB. Momen itu akan menjadi kepulangan Ramos ke Bernabeu.

Ramos akan kembali ke Bernabeu untuk pertama kalinya setelah tiga tahun. Namun, pemain Spanyol itu akan datang sebagai lawan Madrid.

Ramos sempat menjadi penghuni Bernabeu selama 16 tahun. Ia gabung Madrid sejak 2005, dan baru cabut pada 2021. Bek Spanyol itu kemudian pindah ke Paris Saint-Germain selama dua musim, sebelum gabung Sevilla pada September lalu.

Sergio Ramos, yang juga sempat menjabat jadi kapten Madrid, memenangkan 22 gelar, termasuk termasuk 5 titel LaLiga dan 4 gelar Liga Champions. Ia juga cukup subur sebagai bek, dengan bisa membuat 101 gol dari 671 penampilan.

Ramos, yang membela Sevilla, berjanji tidak membuat selebrasi andai mencetak gol. Ia mengaku akan menghormati suporter Real Madrid.

“Saya sangat menghormati semua fans dan seluruh orang di Madrid,” katanya, dilansir BBC.

Saat ini, Ramos sedang kesulitan bersama Sevilla. Timnya masih terjerembab di posisi 15, saat Madrid tengah memimpin klasemen Liga Spanyol.

“Saya tidak akan merayakannya, tetapi jika saya mencetak gol dan itu cukup bagi kami untuk menang, saya akan senang. Tiga poin itu akan sangat baik buat kami,” ungkap Sergio Ramos.

Pertemuan nanti menjadi yang kedua bagi Madrid dan Sevilla. Sebelumnya di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla mampu menahan imbang Madrid 1-1, dengan Ramos bermain di laga itu.

Mengenal Terapi Pemurnian Darah yang Viral di China, Diklaim Bisa Memperpanjang Umur

Mengenal Terapi Pemurnian Darah yang Viral di China, Diklaim Bisa Memperpanjang Umur

Medical Team Performing Surgical Operation in Modern Operating Room

Jakarta – Baru-baru ini viral tren kecantikan di China yang dikenal sebagai blood purification atau terapi pemurnian darah. Terapi yang menyerupai dialisis atau cuci darah ginjal ini dipasarkan oleh salon kecantikan dan diklaim bisa memperpanjang umur hingga 20 tahun.
Tren ini disebut telah menimbulkan kekhawatiran kesehatan di kalangan para ahli dan pengamat media sosial.

Perawatan tersebut, yang banyak dipromosikan di platform media sosial di China seperti Xiaohongshu dengan menggunakan kata kunci “pemurnian darah” dan “terapi ozon,” dimaksudkan untuk meningkatkan metabolisme, mengatur kekebalan, dan mendetoksifikasi tubuh.

Hal ini digambarkan sebagai alat peremajaan dan telah mendapatkan popularitas tertentu di kalangan orang kaya.

Pengguna menggambarkan perawatan sebagai proses langkah demi langkah. Pertama jarum suntik dimasukkan untuk mengambil darah yang kemudian diinfus dengan ozon sebelum disuntikkan kembali ke dalam tubuh.

Perubahan yang paling terlihat adalah warna darah dari gelap menjadi merah terang setelah oksigenasi. Hal ini diartikan sebagai tanda peningkatan kesehatan.

Salah satu pengguna perawatan merinci pengalamannya dalam postingan media sosial.

“Saya tidak terlalu takut dengan jarum suntik, tapi tetap saja sakit. Untuk langkah kedua, mereka mengambil 100cc darah. Saya tidak pingsan jika menyangkut darah dan saya cukup berani, jadi saya menyaksikan sendiri seluruh prosesnya,” ucap seorang pengguna terapi tersebut, dikutip dari South China Morning Post.

“Darah saya warnanya merah tua, bukan merah terang, hampir seperti darah haid yang tidak sehat. Setelah itu, perawat menunjukkan warna darah saya sebelum menyuntikkan ozon untuk mulai memurnikannya,” kata orang tersebut.

Beberapa orang bahkan bepergian ke luar negeri untuk mendapatkan layanan ini.

Di Xiaohongshu, seorang wanita mengatakan bahwa dia menghabiskan lebih dari 700.000 yen Jepang atau sekitar Rp 72 juta untuk pemurnian darah ayahnya di Jepang.

“Pada akhirnya, lebih dari setengah kantong kotoran dikeluarkan. Anda tidak akan pernah tahu betapa kotornya darah Anda sampai Anda mencobanya!” dia berkata.

Namun, karena popularitas pengobatannya, para ahli medis telah menyatakan kekhawatiran akan keamanannya.

Luan Jie, wakil presiden di Rumah Sakit Bedah Plastik, Akademi Ilmu Kedokteran Tiongkok, mengatakan kepada media pemerintah CCTV.

“Keamanannya dipertanyakan. Selain itu, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa metode pemurnian ini dapat memperpanjang umur atau meremajakan remaja,” kata Luan.

“Terapi darah paling efektif yang dikenal dalam dunia kedokteran adalah dialisis. Dalam kasus gagal ginjal, dialisis digunakan untuk menyaring racun dari darah yang tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Ini adalah bentuk detoksifikasi darah yang sebenarnya,” tambah Luan.

Tak sedikit orang di dunia maya yang terkejut dan mengkritik pengobatan tersebut.