Peringatan Dini BMKG, Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Ilustrasi hujan es. Ist

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca hingga 20 Maret nanti.

Dalam Prospek Cuaca Seminggu ke Depan, periode 14-20 Maret 2023, BMKG mendeteksi aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuator diprakirakan aktif di sebagian besar Sumatra bagian tengah dan utara, Kepulauan Riau. Sehingg, mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

Prospek Cuaca Sepekan ke Depan yang dipublikasikan BMKG di situs resmi menyebutkan, beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode 14-20 Maret 2023.

Yaitu, Pesisir Barat Sumatra, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra bagian selatan, Jawa bagian barat, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian tengah dan selatan, Papua Barat, dan Papua,” demikian dikutip dari situs resmi BMKG.

“Potensi hujan cenderung pada siang-malam hari,” tulis BMKG dikutip Rabu (15/3/2023).

Untuk itu, BMKG memperingatkan agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/ petir, maupun hujan es. Serta dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin dalam sepekan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*