Jokowi Kaget! Duit APBN RI Dipakai Buat Beli Barang Impor

Sambutan Presiden Jokowi Pada Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, 15 Maret 2023. (Tangkapan Layar Youtube)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget bahwa uang dari hasil Pendapatan Negara Bukan Pajak (APBN) dipakai untuk membeli produk-produk impor luar negeri. Hal itu dikatakan langsung oleh Presiden Jokowi dalam Pembukaan Bussines Matching Produk Dalam Negeri di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa uang dari penerimaan APBN didapatkan sangat sulit dari pajak rakyat, kemudian dividen yang dimiliki dari BUMN serta royalti dari pertambangan yang ada.

“Kemudian kita belikan produk impor kemudian kita belikan produk buatan luar negeri, bener? bener? bener? ini lah yang selalu saya ingatkan. Saya awal kaget saya buka banyak sekali pembelian produk impor kita, padahal sumbernya pembelian itu uang APBN,” terang Jokowi, Rabu (15/3/2023).

Ia menerangkan bahwa Indonesia sejatinya sudah memulai untuk membeli produk dalam negeri pada tahun 2022.

“Ini lah yang ingin kita luruskan dan kita tahu kebijakan pembelian produk dalam negeri ini tidak hanya di negara kita kita sudah memulai tahun 2022, tahun 2023 coba lihat AS juga melakukan hal yang sama, coba di cari dan dibaca,” ungkap Presiden Jokowi.

Ke depan, kata Presiden, kunci untuk menekan pembelian impor adalah implementasi kedisiplinan dan merealisasikan dari apa yang sudah bolak balik dibahas.

“Ini kita sudah bicara produk dalam negeri ini yang ke empat, saya hadir terus karena saya lihat ini sangat strategis. dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita,” tandas Jokowi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*