Catat! 6 Gejala Depresi Ini Muncul Tanpa Kamu Sadari

Depresi & Bunuh Diri

Depresi merupakan keluhan gangguan suasana hati atau mood yang ditandai dengan kondisi emosional berkepanjangan. Kondisi ini pun patut diwaspadai dan segera harus diatasi.

Tanpa disadari ada tanda-tanda seseorang mengalami depresi yang terjadi. Ciri depresi memang sulit dikenali secara langsung sehingga perlu waktu untuk mengenalinya.

Gejala depresi yang dialami setiap orang dapat berbeda-beda. Tergantung level keparahan yang dialami penderitanya. Penderita depresi dapat menganggu aktivitas sehari-hari dan hubungan sosial dengan orang sekitarnya.

Berikut adalah 6 ciri depresi yang muncul tanpa disadari, antara lain:

1. Cemas berlebih

Seorang dengan kecemasan yang berlebihan dengan durasi dan frekuensi yang tidak wajar merupakan salah satu tanda depresi. Ada beberapa momen yang dapat memicu munculnya depresi.

2. Adanya perubahan mood

Perubahan mood yang signifikan dan cenderung cepat merupakan tanda lain ciri penderita depresi. Ketika orang disekitar atau dokter sadar akan perubahan mood tersebut, hal ini dapat dipastikan ada sesuatu yang tidak baik.

3. Tingkat percaya diri menurun

Setiap orang memiliki hal-hal yang ingin dan perlu untuk dikembangkan dalam dirinya. Namun, ketika seseorang mulai tidak bisa fokus dan menemukan hal apa yang ingin dikembangkan serta terobsesi dengan masa lalunya. Maka orang itu dapat diduga sedang menderita depresi.

4. Adanya keinginan menyakiti diri

Jika sudah akut, biasanya mereka dengan depresi tidak terkendalikan timbul ide-ide untuk menyakiti diri sendiri. Bahkan hal itu sampai percobaan bunuh diri.

5. Perubahan pola tidur

Ada banyak hal yang dapat memengaruhi pola tidur seseorang, salah satunya depresi.Depresi sudah pasti membuat seseorang menjadi insomnia atau susah tidur.

6. Didominasi emosi negatif

Beberapa orang percaya bahwa emosi negatif selalu berjalan beriringan dengan gangguan depresi. Penderita depresi akan memiliki emosi negatif yang mempengaruhi kehidupannya, yang juga akan berpengaruh kepada orang lain, serta kesehatan emosi dan fisiknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*