Awas! Jokowi Ingatkan Ancaman Bagi RI Kini Tidak Ringan

Sambutan Presiden Jokowi Pada Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, 15 Maret 2023. (Tangkapan Layar Youtube)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak agar tidak lengah dalam menghadapi situasi global. Pasalnya kini ancaman yang muncul masih besar.

“Kita semua harus menyadari bahwa kegentingan global itu masih merupakan sebuah ancaman yang tidak ringan,” ungkap Jokowi dalam Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri di Jakarta, Rabu (15/3/2023)

Situasi sekarang disebabkan oleh beberapa faktor. Pandemi covid-19 yang hampir selesai akan tetapi meninggalkan luka memar yang cukup dalam, terutama dari sisi fiskal dan sektor keuangan.

Faktor selanjutnya adalah perang Rusia dan Ukraina yang tidak diketahui kapan berakhir, padahal sudah berlangsung lebih dari setahun. Perang tersebut memicu terjadinya krisis pangan dan energi di dunia. Dampaknya adalah lonjakan inflasi dunia.

Negara maju seperti Amerika Serikat (AS) dan Eropa serta Inggris langsung mengubah arah kebijakan moneter dalam situasi tersebut. Suku bunga acuan yang tadinya rendah dikerek naik dalam waktu yang singkat, sehingga menimbulkan gejolak di pasar keuangan.

 

“Ketidakpastian global juga memunculkan risiko risiko yang sulit diprediksi dan sulit kita hitung oleh sebab itu semua harus bekerja keras untuk menghindarkan negara kita dari ancaman dan risiko global yang ada,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*